Friday, 18 April 2014

KECAMAN IMAM BESAR AL-AZHAR TERHADAP TERORISME DI MUSTURAD

Imam besar Al-Azhar As-Syarif, Syaikh Ahmad Thayyib, sangat mengecam terorisme yang terjadi di Musturad -sebuah kota di dekat terusan suez- pada pagi hari, sabtu 15 Maret 2014 M. peristiwa ini menelan korban jiwa dari beberapa tentara yang merupakan anak bangsa. Beliau menyampaikan belasungkawa yang dalam kepada keluarga korban, dan meminta untuk ditegakkan hukum kepada pelaku terorisme tersebut.

AL-AZHAR BERFATWA UNTUK MEMBOLEHKAN SHOLAT KHAUF BAGI POLISI DAN TENTARA KETIKA BERJAGA

Dr. Ahmad Thayyib, syaikh Al-Azhar berfatwa untuk membolehkan seorang tentara ataupun polisi dan juga untuk seluruh penjaga keamanan untuk melaksanakan sholat khauf –sholat yang dilaksanakan karena takut adanya perlawanan dari musuh-. Semua itu melihat situasi dan kondisi yang ketika itu banyak perlawanan yang dilakukan para demonstran ketika para polisi dan tentara sedang melaksanakan sholat.


Al-Azhar menguatkan fatwa beliau untuk melaksanakan sholat khauf atau saling bergantian dalam mendirikan sholat dengan cara salah satu kelompok melaksanakan sholat dan kelompok yang lain berjaga, dan ini sesuai dengan para fuqaha berdasarkan firman Allah Swt. :

"وإذا كنت فيهم فأقمت لهم الصلاة فلتقم طائفة منهم معك وليأخذوا أسلحتهم فإذا سجدوا فليكونوا من ورائكم ولتأت طائفة أخرى لم يصلوا فليصلوا معك وليأخذوا حذرهم وأسلحتهم ود الذين كفرو لو تغفلون عن أسلحتكم وأمتعتكم فيميلون عليكم ميلة واحدة " (النساء : 102)

AL-MOESLEMANY: MESIR DAN PENDUDUKNYA SANGAT MEMBUTUHKAN IDEOLOGI “WASATHY” –MODERAT- AL-AZHAR

Grand syaikh Ahmad Thayyib menerima kunjungan Ahmad Al-Moeslemany, Advisor Media Presiden.

Al-Moeslemany juga menyampaikan bahwa lembaga kepresidenan memberikan dukungan penuh terhadap Al-Azhar dan juga Syeikh Ahmad Thayyib yang mendapatkan kehormatan dan kecintaan dari penduduk Mesir dan kaum muslimin, dan juga kepada peran Al-Azhar baik itu akademik, dakwah, maupun budaya. Dia juga menyampaikan bahwa Mesir dan semua negara arab sangat membutuhkan ideologi wasathyiyah -moderat- yang dikembangkan oleh Al-Azhar.


Oleh karena itu, Imam besar Al-Azhar mengucapkan terima kasih atas dukungan penuh yang terus berlangsung yang diberikan lembaga kepresidenan kepada Al-Azhar.

Sumber Azhar Mgazine
Jumadil Akhir 1435 H. April 2014
Redaktur Azis Hasbullah

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Total Pageviews

- Copyright © IKPMA Mesir -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -