Sunday, 21 February 2016


Bedah Juklak & Pelatihan Membuat Makalah

Sabtu (20/02)  IKPMA-Mesir melalui dept. Keilmuan berhasil mengadakan acara "Bedah Juklak & Pelatihan Membuat Makalah". Disamping merupakan salah satu program kerja dept. Keilmuan tahun ini, kegiatan ini pula diadakan guna melatih serta membiasakan seluruh anggota IKPMA-Mesir agar mahir bermuamalah dengan makalah.
Acara dimulai pada pukul 14:00  Clt. dimoderatori langsung oleh Asroruddin. Acara kali ini bisa dibilang menarik, Karena sang moderator mampu mendorong peserta untuk aktif dengan menghadirkan dua pemateri handal Ziaulhaq Yusri dan Fitrian Nabil, Lc kian menambah antusias peserta dalam mengikuti kegiatan kali ini.
Pada kali ini terdapat pertanyaan yang unik dari peserta. “saya pengen menulis, tetapi saya bingung mau menulis apa?”.
“tidak mungkin seseorang mengeluarkan nafas jika tidak ada yang dihirup sebelumnya. Begitupun ketika hendak menuangkan sesuatu dalam bentuk tulisan, bila sebelumnya tidak membaca, apa yang bisa kita tuangkan?.” Ujar Fitrian Nabil, Lc dikala menjawab pertanyaaan dari salah satu peserta yang hadir.
Dan diantara tujuan diadakannya kegiatan ini, adalah guna menghilangkan persfektif buruk tentang mahasiswa al-azhar  sebagaimana yang DR. Mukhlis Hanafi, MA katakan saat kunjungan beliau ke Mesir setahun yang lalu.
 Menurut beliau, “Kelemahan mahasiswa timur tengah adalah kurang mahirnya ketika bermuamalah dengan makalah. Kebanyakan alumni al-Azhar yang melanjutkan studi ke jenjang berikutnya di Indonesia mengalami kesulitan dalam membuat makalah. Hal demikian-lah yang akan menyulitkannya dalam menulis thesis nantinya."
Dan karena mahasiswa al-Azhar tidak dituntut untuk membuat skripsi, inilah yang membuat minusnya mahasiswa al-azhar dengan dengan mahasiswa indonesia lainnya.
Maka, kegiatan ini diadakan sebagai jawaban atas apa yang DR. Mukhlis Hanafi katakan. Dan dengan adanya pelatihan ini semoga seluruh anggota mampu membuat makalah, serta cahaya kajian yang dulu sempat bersinar, sekarang bersinar kembali.
Sebagaimana visi dan misi kepengurusan IKPMA-Mesir yang sekarang, yang dinahkodai oleh Irfan Faqihuddin, yaitu:
“Menuju IKPMA yang aktif dan Produktif”



{ 1 komentar... read them below or add one }

Popular Post

Total Pageviews

- Copyright © IKPMA Mesir -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -